Senin, 24 Januari 2011

KENAKALAN REMAJA.

Assalamualaikum!

Kenakalan remaja adalah fase yang umum, yang terjadi di kalangan anak mudayang tengah memasuki masa pencarian jati diri, dan pubertas. Kenakalan-kenakalan tersebut pasti bukan tidak mungkin tidak disebabkan oleh dunia di sekitarnya, terutama hubungan dengan keluarganya, pergaulan dengan teman-temannya, atau pun masalah-masalah yang sedang dihadapinya.
   Faktor pertama dalam kasus kenakalan remaja adalah dari keluarganya. Mengapa demikian? Tentunya itu karena keluarga adalah pihak pertama yang sering melakukan interaksi sosial dengan si Remaja. Apabila kondisi keluarganya begitu tentram dan saling mengasihi serta harmonis, maka sugesti dari si Remaja itu sendiri akan merasa tenang dan nyaman. Sehingga, ia dapat menerima dan menyalurkan kebaikan yang terlontar kepadanya. Namun, apabila keluarga si Remaja tidak memberikan keadaan yang kondusif, seperti keluarga yang BROKEN HOME, atau KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga), bahkan pelecehan seksual sekali pun dapat mengakibatkan akibat yang benar-benar buruk bagi kondisi kejiwaan si Remaja.
   Dan, masih banyak lagi penyebab lainnya, seperti pergaulan yang salah, dan ketika si Remaja memendam masalah. Apalagi jika si Remaja tidak memiliki iman yang kuat. Ia pasti akan terdorong dan terjerumus melakukan tindakan yang melampaui batas dari norma-norma yang berlaku. Seperti ketika ia sedang tidak diberi uang saku oleh orang tuanya. Kemungkinan ia akan mencoba mencuri uang milik temannya.

  Warnet dan Rental Playstation. Kedua tempat itu sering dijadikan sebagai RUMAH KEDUA bagi si Remaja. Baik saat ia senang maupun sedih. Awal-awalnya, mereka hanya mencoba-coba saja. Namun, lama kelamaan, mereka akan lebih senang mendatangi tempat-tempat seperti itu ketimbang Masjid sekali pun. Naudzubillahimindzalik.
     Warnet, sesuai namanya, dikenal sebagai tempat bagi orang yang senang berinternet ria. Biasanya, para pelajar akan menggunakan tempat itu untuk mengerjakan tugas sekolah, seperti membuat keliping, mencari sumber referensi di internet, atau mencari bahan-bahan untuk makalah.
     Sementara Rental Playstation juga adalah tempat favorit. Di sana, para remaja bisa mendapatkan hiburan dari segelintir permainan yang tersedia.
     Namun, kedua tempat itu sering disalahgunakan. Karena terlalu asyik bermain game di rental, kita bisa lupa waktu. Bahkan ada yang sampai menginap karena saking ketagihan bermain. Juga saat mereka di Warnet. Bukankah ada banyak sekali situs di internet? Seperti facebook, twitter, plurk, blogger, yahoo, formspring, wikipedia, dll. Dan, karena itu pula, mereka bisa saja menghabiskan uang untuk membayar tarif warnet. Ataum mereka bisa saja membuka situs-situs terlarang yang seharusnya tak mereka buka.
     Dan, itu juga pemicu sebab mereka membolos.
     Oleh karena itu, sangatlah diperlukan pengawasan orang tua, bagi kelangsungan hidup putra-putri mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar