Sabtu, 25 Desember 2010

Pendengar Curhat yang Baik.

Pernah jadi temen curhat? Apakah kamu seorang pendengar curhat yang baik? Berikut ini, cara-cara menjadi pendengar curhat yang baik!

1. Ketika temanmu sedang curhat, cobalah dengarkan dengan serius, dan pasanglah wajah yang sesuai dengan isi curhatnya, misalnya, saat ia mencurhatkan cerita lucu, cobalah untuk tertawa. Begitu pun, sedih, marah, kesal, dll.

2. Jangan sekali kali memotong pembicaraan. Mungkin karena kamu terlalu "asyik" mendengarkan curhatnya, kamu jadi terbawa suasana, dan ingin berbicara banyak hal. Nah, cobalah menunggu sampai ia puas berbicara, barulah kamu dapat mengomentari semua curhatnya.

3. Jangan mengalihkan pembicaraan.
Ketika curhat, cobalah untuk sedikit "nyambung" dengan curhatnya.
Jadi, jangan sampai salah komentar juga! Apalagi justru membicrakan hal yang tidak ada hubunganya dengan isi curhatnya.

4. Usahakan memberi solusi dan semangat.
Hanya mendengarkan? Tentu saja tidak bagus! Setidaknya, berilah solusi yg mampu menghibur hatinya. Tetapi, jangan sampai terlalu mencampuri urusanya, apalagi mempropokatorinya. Dan jika solusimu makin membuatnya sedih / tidak setuju, cobalah mengalah dengan memberi solusi yang lain.

5. YANG TERPENTING! jaga rahasia.
Jangan sampai curhatannya tersebar oleh kita sendiri. Simpanlah rapat-rapat! Kalau perlu lupakanlah, agar rahasia itu AMAN. Kalau sampai terbongkar! Kita akan dicap sebagai anak "Comel" atau "Mulut ember". Dan nggak ada yang mau curhat dengan kita.

Semoga, tulisan ini mampu menjadikan kita sebagai PENDENGAR CURHAT YANG BAIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar